close

Perbandingan Mazda2 Sedan Lawan Rival-rivalnya

Perbandingan Mazda2 Sedan Lawan Rival-rivalnya
close

Mazda2 Sedan menjadi produk terbaru di pasar sedan Indonesia. Segmen ini seperti mendapatkan nafas baru setelah pemerintah meperhitungkan pajak berdasarkan emisi yang membuat harga produk sedan semakin kompetitif.

Produk terbaru Mazda2 Sedan juga hadir menantang rival-rivalnya yang sudah lebih dulu hadir. Di pasaran sudah hadir Toyota Vios, Honda City, serta MG 5 GT yang akan saling bertarung memikat konsumen. Bagaimana jika keempatnya kita bandingkan? Simak pemaparannya berikut ini.

Mazda2 sedan

Harga

Kita langsung ke menu utama, karena ini yang banyak ditanyakan oleh calon konsumen. Mazda 2 Sedan ditawarkan dalam satu varian dengan banderol Rp338 juta on the road DKI Jakarta. Harga ini sama dengan varian hatchback yang membuatnya jadi lebih menarik untuk dilirik.

Toyota Vios menawarkan tiga varian yakni E dengan transmisi manual yang dibanderol Rp293.7 juta, G transmisi manual dengan harga Rp311,5 juta dan G CVT dengan harga Rp325,7 juta. Varian E dan G masuk dalma model spot order alias baru dibuat kalau ada pemesanan. Bisa dikatakan jualan Vios dititikberatkan pada varian teratas G CVT.

Berikutnya Honda City sedan. Hadir dalam satu varian dengan banderol harga Rp365,4 juta. Lalu MG 5 GT yang ditawarkan dalam dua varian yakni Active seharga Rp339,9 juta dan Ignite seharga Rp359,9 juta. Teratas ada Magnify yang tembus di angka Rp399,9 juta.

Toyota Vios

Bila melihat Mazda 2 Sedan sebagai tolak ukur, produk baru Mazda ini berada di tengah-tengah antara konsumen City dan MG 5 GT varian teratas. Vios menjadi yang paling murah, bahkan untuk varian teratasnya dan masih menawarkan dua varian di bawahnya.

Desain dan Dimensi

Soal dimensi, Mazda2 sedang hadir dengan panjang 4.340 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.479 mm. Sedan ini menawarkan sumbu roda sepanjang 2.570 mm, jarak pijak ke tanah 150 mm dengan ukuran front tread 1.495 mm dan rear tread 1.485 mm. Mobil ini memiliki bobot seberat 1.119 kilogram dan radius putar minimum 4,9 meter.

Beberapa sorotan pada Mazda2 sedan terbaru antara lain headlamp dengan teknologi LED dengan DRL yang memiliki fitur auto levelling. Selain itu pada kaki-kaki, hadir pelek 16 inci aluminium straight spoke yang dibalut ban 185/60R16. Bentuknya menyerupai varian hatchback yang sudah lebih dulu dikenal di Indonesia namun dengan tambahan bagian ruang bagasi belakang yang kini lebih besar.

All New Honda City

Soal pilihan warna, Mazda2 sedan hadir dengan warna soul red crystal metallic, machine grey metallic, snowflake white pearl mica, jet black mica, dan platinum quartz metallic.

Toyota Vios menawarkan ukuran dimensi panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm serta panjang sumbu roda mencapai 2.550 mm. Vios hadir lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi beberapa mm dari Mazda 2 sedan namun sumbu rodanya lebih pendek.

Soal desain, Vios sudah hadir dengan bentuk bumper depan terbaru berupa garis-garis melintang. Tambahan lagi, kesan modernnya hadir dari headlamp LED dengan DRL serta bagian belakangnya hadir stoplamp kombinasi dengan teknologi LED. Kaki-kakinya menggunakan pelek dual tone berukuran 16 inci dengan ukuran ban 195/50 R16 untuk varian atas. Varian bawah menggunakan pelek 15 inci. Pilihan warnanya ada empat yakni silver metallic, attitude black mica, red mica metallic dan dark grey metallic.

mg 5 gt

Beranjak ke Honda City sedan. Model ini menawarkan ukuran dimensi panjang 4.553 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.467 mm dan sumbu roda 2.600 mm. City sedan hadir lebih panjang, lebih lebar namun lebih pendek dari Mazda 2 sedan. Sumbu roda City juga lebih panjang sedikti dari produk Mazda terbaru itu.

Desain City sedan menyerupai model hatchbacknya, terutama di bagian depan. Terdapat headlamp LED dengan DRL serta foglamp yang juga berteknologi LED. Stoplampnya berdesain khas dengan ukuran LED merah tebal memberikan kesan sporty. Kaki-kakinya menggunakan pelek berukuran 16 inci dengan balitan ban 185/55 R16. Konsumen dapat memilih tiga warna yakni platinum white pearl, meteoroid gray metallic dan crytal black pearl.

Masuk pada MG 5 GT. Sedan ini menawarkan dimensi panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm dan tinggi 1.480 mm dengan panjang sumbu roda 2.680 mm. MG 5 GT hadir dengan dimensi yang lebih panjang di segala aspek dari Mazda 2 sedan. Ukuran ini bahkan hampir menyamai sedan medium.

Soal desain, MG 5 GT tampil paling beda dengan kompetitornya di kelas ini. Bagian depannya menggunakan desain shark hunting yang tajam dengan digital flamming grille. Lampunya berdesain tajam dengan teknologi LED dan DRL serta tambahan fog lamp di bagian bawah. Stoplampnya juga menggunakan tiga bilah LED dengan desain seperti cakaran singa. Kaki-kakinya menggunakan desain sporty tomahawk berukuran 17 inci dengan ban 215/50 R17. Varian bawah menggunakan ban berukuran 16 inci. Ada enam pilihan warna yang bisa dipilih yakni light up yellow, scarlet red, arctic white, black knight, metal ash grey dan silver metallic.

Baca juga: Transformasi 27 Tahun Suzuki Baleno di Indonesia

Interior dan Fitur

Mazda2 sedan

Masuk ke bagian dalam Mazda2 Sedan, head unit 7 inci TFT display dengan MZD connect jadi perhatian utama. Sistem hiburannya terhubung dengan enam speaker di kabin yang juga menawarkan sambungan telepon genggam untuk kemudahan selama perjalanan.

Balutan bahan kulit hadir pada beberapa detail seperti jok, lingkar kemudi dan knob transmisi. Pada lingkar kemudi hadir tombol pengaturan audio, cruise control dan paddle shift di bagian belakang.

Fitur keamanannya terdiri dari airbags yang hadir di depan dan di bagian samping, pengereman ABS EBD dan BA sebagai standar. Tersedia juga dynamic stability control dan traction control system, hill launch assist, rear parking sensor dan kamera belakang.

Toyota Vios

Masih ada fitur Safety i-Activesense yang terdiri dari blind spot monitoring dan rear cross traffic alert. Sistem keamanannya hadir dari immobilizer dan smart keyless entry. Fitur lainnya adalah kehadiran GVC Plus yang dipadukan dengan Skyctive-Vehicle Dynamic dan Skyactiv-Vehicle Architecture.

Beranjak ke Toyota Vios. Interiornya hadir dengan sentuhan two tone hitam dan beige pada dashboard maupun jok. Sentuhan bahan kulit hadir pada lingkar kemudi yang juga menghadirkan tombol pengaturan di sisi kiri dan kanan juga paddle shift di belakang. Layar meter clusternya kombinasi konvensional dan TFT MID. Pengaturan AC sudah digital plus head unit layar sentuh yang mampu terkoneksi dengan telepon genggam pengemudi untuk kenyamanan. Hadir juga tombol mode berkendara Eco dan Sport yang sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Fitur keselamatan yang hadir antara lain tujuh aribag, hill start assist, vehicle stability control serta pengereman ABS EBD dan BA sebagai standar. Masih ada seatbelt tiga titik dan ISOFIX untuk tempat duduk anak-anak.

All New Honda City

Beralih pada City Sedan, desainnya tidak berbeda dengan model hathback. Kesan sporty hadir dari penggunaan warna gelap dengan bahan kulit terdapat di tuas transmisi dan lingkar kemudi. Joknya masih berbahan fabrik. Pengaturan AC sudah digital dengan kemampuan auto AC. Meter clusternya masih konvensional dengan jarum penunjuk kecepatan dan putaran mesin namun kini hadir layar MID negatif display berisi informasi kendaraan. Head unitnya berukuran 8 inci dengan kemampuan memutar beragam format hiburan serta sambungan telepon genggam juga untuk menampilkan kamera belakang multi angle. Hiburannya hadir dari delapan speaker di dalam kabin. Selain itu untuk pengaturan audio juga hadir tombol di lingkar kemudi yang juga hadir fitur pengaturan cruise control di sebelah kanan.

Fitur keselamatannya hadir dari enam airbag, brake override system, ABS EBD dan BA, pretensioner with load limiter seatbelt dan seatbelt reminder. Selain itu masih ada hill start assist, emergency stop signal, vehicle stability assist dan rangka GCON + ACE.

Terakhir bahasan mengenai MG 5 GT. Interiornya hadir dengan kesan sporty lewat penggunaan warna gelap dengan aksen merah pada beberapa detil. Material kulit dapat dirasakan pada dasbor, jok juga trim pintu. Beragam tombol hadir di konsol tengah yang memudahkan pengoperasian. Paling menarik tentu kehadiran layar 10 inci yang berisi beragam jenis hiburan serta pengaturan kendaraan juga kamera 360 derajat. Meter cluster 7 inci menjadi pembeda dengan model dikelasnya dan menghadirkan beragam informasi seputar kendaraan. Terakhir adalah kehadiran elektrik sunroof yang membuat kesan premium hadir di kabin ini.

MG 5 GT

Soal fitur, MG 5 GT hadir dengan pengereman ABS EBD dan BA, enam airbag di depan, samping dan tirai. Selain itu masih ada fitur electric parking brake dengan auto vehicle hold, electronic differential system, traction control system, rear driver assistance system, blind spot detection, lane change assist, rear cross traffic alert, rear collision warning, hill start assist system, emergency stop system dan follow me home light.

Performa Mesin

Bahasan terakhir ini cukup penting sebab beberapa penggemar sedan menginginkan mesin yang bertenaga. Mazda2 sedan menggunakan mesin Skyactiv-G 1.5 1.496 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 111 ps pada 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya menggunakan otomatis 6 percepatan.

Vios menggunakan mesin Dual VVT-i 1.496 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 107 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Transmisinya ditawarkan manual dan otomatis.

City sedan menawarkan mesin DOHC i-VTEC +DBW 1.498 cc yang menghasilkan tenaga 121 ps pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT.

MG 5 GT menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16 valve VT-Tech. Mesin ini di atas kertas menghasilkan tenaga 114 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada putaran 4.500 rpm. Transmisi yang digunakan adalah CVT dengan 8 percepatan.

Terlihat mesin honda mendominasi dari sisi tenaga namun soal torsi MG 5 GT menawarkan output yang lebih besar. Mazda2 sedan memberikan tenaga yang cukup untuk penggunaan perkotaan. Tentunya masih perlu pengujian lebih detail saat sesi test drive nanti.

Simpulan

Masing-masing model di segmen sedan kecil ini memberikan berbagai kelebihan. Ada di sisi desain, fitur, hingga teknologi. Mazda 2 Sedan sendiri menjadi salah satu model yang layak dilirik di tengah kompetitornya. Merek Mazda memberikan kesan mewah tersendiri selain itu harga yang ditawarkan ini sudah termasuk MyMazda Service yakni gratis layanan purna jual selama 3 tahun atau 60.000 kilometer. Model lain juga memberikan beberapa keunggulan di sisi purna jual.

Kini tinggal pilihan bergantung pada selera dan paling penting dana yang tersedia. Tidak lupa untuk bertanya mengenai waktu tunggu masing-masing model sebab bebera model memberikan waktu inden yang lebih lama dibanding lainnya karena sebagian besar berstatus CBU kecuali Vios. (STA/TOM)

Baca juga: Komparasi Daihatsu New Sirion Lawan Honda Brio RS, Siapa Paling Menarik?

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature