Cara Kerja Mesin Dual VVTi Pada Grand Avanza Dan Grand Veloz

Cara Kerja Mesin Dual VVTi Pada Grand Avanza Dan Grand Veloz

dan tentu saja memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya yaitu VVT yang mulai diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya pada tahun 1991. VVTi merupakan kependekan dari Variable Valve Timing with intelligent dan sebagai hasil dari pengembangan mesin VVTi.

mesin dual vvti avanza
mesin dual vvti avanza

Mesin Dual VVTi Pada Grand Avanza dan Grand Veloz

Cara kerja mesin dual VVTi tentu saja menjadi pengatur buka katup (Valve timing) dan bekerja bukan pada katup masuk saja seperti pada VVTi namun juga mengatur katup buang (exhaust) sehingga mampu menjaga kestabilan suhu pada dapur pacunya sesuai dengan kinerja atau putaran mesin, agar mesin lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, bertenaga, serta gas buangnya lebih ramah lingkungan.

Adanya Catalytic converter membuat gas buang lebih ramah lingkungan walaupun pada kenyataannya bahwa tak sedikit para pengguna Avanza yang sudah menggunakan mesin dual VVTi melakukan sedikit modifikasi pada bagian catalytic converter ini karena dianggap menghambat laju atau tarikan mobil mereka seperti yang sering dibahas pada forum avanzaxenia.

Melakukan modifikasi tentu saja menjadi hak bagi para pemilik Avanza namun ada baik anda pertimbangkan terlebih dahulu soal untung ruginya bukan ?

Hadirnya mesin dual VVTi itu sendiri telah melalui proses panjang karena merupakan pengembangan dari mesin VVTL-i, VVT-iE, VVT-iW, Valvematic yang pernah dikembangan oleh Toyota Motor Co Ltd juga dikenal sebagai produsen raksasa otomotif asal negeri sakura.

Seiring dengan harga BBM yang terus melambung tinggi tentu saja setiap produsen semaksimal mungkin untuk mencari solusi agar mesin yang terpasang pada setiap mobil yang sudah diproduksinya lebih ramah dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Toyota sendiri memang melakukan perubahan yang cukup signifikan (Major Change) pada Grand Avanza dan Grand Veloz dimulai dari bagian eksterior, interior hingga penggunaan mesin dual VVTi karena permintaan terhadap mobil jenis Low Multi-Purpose Vehicle ini memang sangat tinggi bahkan melampui lainnya.

Trendsetter berkendara publik di Indonesia tentu saja menjadi alasan tersendiri bagi produsen untuk mengembangkannya apalagi kini sudah ada peluang usaha baru yaitu taksi Online yang membuat orang akan mencari rejeki dari menyewakan mobilnya atau dengan kata lain mengantar penumpang ke tujuan yang mereka kehendaki.

Untuk lebih jelas dibawah ini kami sertakan gambar tentang cara kerja mesin dual VVTi pada Grand Avanza dan Grand Veloz sehingga anda lebih memahaminya.

mesin dual vvti avanza control system
mesin dual vvti avanza control system

Dual VVTi Control System

Dari gambar diatas anda bisa melihat bahwa mesin melakukan pengontrolan sekaligus pengaturan pada sistem katup masuk (intake) maupun katup buang (exhaust) maka disebut dual VVTi.

Mekanisme atau Cara Kerja Mesin Dual VVTi

Melalui pengontrolan katup masuk maupun buang juga udara masuk dan gas buang maka sudah bisa dipastikan bahwa memiliki kinerja yang jauh lebih baik serta responsif.

Sistem Pengontrol Suhu Mesin Dual VVTi

Selain itu juga ada sistem pengaturan suhu mesin (cooling system) yang mana ketika dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa disesuaikan dengan putaran mesin.

Kontrol Gas Buang (Exhaust) Pada Dual VVTi

Untuk menjaga agar mesin tetap ramah lingkungan maka katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol. Toyota tentu saja sangat mendukung kampanye perawatan lingkungan yang kini dicanangkan dibeberapa negara termasuk di Indonesia.

Toyota juga telah mengembangkan berbagai macam jenis mesin untuk diaplikasikan pada mobil hasil produksinya seperti halnya mesin berteknologi hybrid yang terpasang pada Toyota Prius, Fuel Cell pada Mirai seiring dengan perkembangan teknologi dalam industri otomotif.

Dipasangnya mesin dual VVTi pada Grand Avanza dan Grand Veloz juga merupakan persembahan yang istimewa dari pihak produsen kepada publik ditanah air yang selama ini menggunakan Avanza sebagai transportasi pribadi juga membuka kesempatan kepada para pengguna Avanza sebelumnya untuk melakukan upgrade mobil Avanza yang dimilikinya dengan Grand New Avanza maupun Grand New Veloz.

Originally posted 2017-02-21 01:29:02.

Recommended For You

About the Author: DealerToyota

Kami merupakan divisi pemasaran pada authorized dealer Toyota Jakarta yang membantu anda dalam proses pembelian mobil baru Toyota secara cash dan kredit. Kami melayani pembelian WAJIB menggunakan PLAT B dan kredit hanya untuk konsumen yang berdomisili diwilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya.