Musim Hujan Tiba, Ini Yang Perlu Dilakukan Agar Mobil Tetap Oke

tips merawat mobil saat hujan

Siklus tahunan mengharuskan kita yang ada dinegara tropis seperti Indonesia mengalami musim penghujan. Meski kini kedatangannya tak dapat diprediksi sebagaimana juga dengan berakhirnya, namun ada yang dapat kita persiapkan dalam mengahapi the raining season terutama bagi anda pemilik serta pengguna kendaraan roda empat agar suasana berkendara yang aman, nyaman dan menyenangkan tetap terjaga serta kondisi kendaraan kita tetap oke setelah berakhirnya musim penghujan.

Baiklah, langsung saja kita mulai ketahap apa saja yang perlu dipersiapkan agar mobil anda tetap dalam kondisi prima meski digunakan menerobos hujan lebat maupun genangan air sekalipun.

Kondisi Ban / Kaki-kaki

Ketika hujan tiba terutama saat melewati jalan yang tergenang air, fungsi ban atau roda menjadi dua kali lebih vital dari biasanya. Untuk itu pastikan ketebalan alur atau paku ban dalam kondisi sekurang-kurangnya 50 persen dari kondisi baru, karena saat melibas banjir alur tersebut akan berfungsi membuang air kearah samping demi menghindari gejala ban mengambang / aquaplanning. Selain itu pastikan tekanan angin harus sesuai dengan standar yang dianjurkan agar posisi cengkeram ban pada medan jalan tetap terjaga dengan baik.

Sedikit catatan, hargai pula pengguna jalan lain, jangan memaksakan memacu kendaraan anda saat melibas genangan air, tentunya anda tidak ingin membuat orang lain menjadi basah kuyup atau bahkan celaka akibat ulah egois kita.

Wiper, Kaca dan Air Conditioner

Ketiga hal tersebut sangat berkaitan terutama untuk membantu visibilitas saat berkendara dalam guyuran hujan lebat. Periksa kembali ketebalan dan kondisi karet wiper mobil anda, ketika lama tidak digunakan karet wiper dapat menjadi keras dan bergelombang yang berakibat sapuan pada saat membersihkan air menjadi tidak rata bahkan membuat pandangan menjadi terganggu. Selalu pastikan motor penggerak wiper dan semprotan airnya bekerja dengan baik, jangan lupa pula isi air wiper dengan penuh sebelum anda memulai perjalanan, bila perlu tambahkan cairan khusus untuk kaca.

Oh ya, kaca. Perlu diketahui air hujan dan panas dapat menyebabkan jamur pada kaca film termasuk korosi pada sisi pinggirnya, oleh karena itu sangat disarankan untuk segera membersihkan bagian ini setiap anda selesai berkendara, terutama ketika dimusim penghujan seperti sekarang. Terakhir pada bab ini adalah AC, semburan udara sejuk dari blower air conditioning dapat menghilangkan embun pada kaca ketika cuaca hujan, oleh karenanya pastikan fitur ini bekerja dengan baik.

Mesin, Sistem Pengapian Dan Kelistrikan

Tidak peduli apakah kendaraan anda gress keluaran dealer atau membeli mobil bekas pakai alias second hand, ketiga hal diatas sangatlah krusial adanya. Check dengan teliti seluruh komponen pada mesin terutama yang menyangkut pembakaran dan pengeluaran bahan bakar mulai dari tangki, sistem distribusi, saringan dan pompa bahan bakar hingga knalpot dan buat anda merasa seratus persen yakin bila semua komponen diatas bebas dari kebocoran yang dapat menyebabkan BBM menjadi terbuang percuma atau lebih parah lagi memungkinkan air masuk yang tentunya dapat menyebabkan kerusakan fatal.

Untuk sistem pengapian periksa lagi usi anda adakah yang telektroda yang terbakar atau mungkin kotor, ganti segera, lakukan hal serupa pada koil dan platina, cek kondisi pengapian serta lakukan penyetelan dengan benar, sekali lagi pastikan tidak terdapat celah untuk air masuk pada bagian ini yang dapat menyebabkan gangguan pada mekanisme kelistrikan.

Berkaitan dengan itu, periksa pula apakah ada kabel yang mengelupas, putus, instrumen lampu dan lainnya hingga menghindari terjadinya arus pendek yang bisa membuat mobil mogok. Tak kalah pentingnya adalah motor starter, lihat apakah dinamo starter bekerja dengan lancar atau tersendat sendat, apabila mesin susah dihidupkan maka tandanya ada tak beres pada bagian ini. Segera lakukan pengecekan menyeluruh dibengkel resmi atau bengkel yang anda percaya.

Posisi Parkir

Hujan lebat sangat bersahabat dengan angin kencang, melalui berita di televisi maupun media lain, sering kita dapat kejadian tak mengenakan mengenai mobil yang tertimpa pohon atau bilboard ketika sedang parkir. Untuk itu hindari parkir dibawah tempat-tempat tersebut, karena kita tidak pernah tahu kekuatan dari penyangga tiang reklame ataupun usia akar pohon apakah masih sanggup menahan beban ketika diterpa serbuan angin kencang. Usahakan memarkirkan kendaraan diposisi agak tinggi dan jauhi parkir didaerah cekungan, anda tentu tidak ingin mobil kesayangan anda tergenang air yang tiba tiba datang.

Akan lebih baik bila mobil anda diasuransikan dan polis anda mencakup menjamin kerusakan akibat banjir atau hal lain diatas. Awan cumolonimbus nampaknya masih enggan untuk beranjak dalam waktu dekat ini, oleh karena itu kewaspadaan dalam berkendara dan persiapan matang akan sangat membantu meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengemudi, penumpang maupun pengguna jalan lainnya. Dan itulah #Tips dan Trik kali ini, nantikan terus kiat berkendara lain pada web otomotif favorit anda dimana lagi kalau bukan dealermobiltoyota.co.id

Originally posted 2016-11-01 02:37:41.

Recommended For You

About the Author: DealerToyota

Kami merupakan divisi pemasaran pada authorized dealer Toyota Jakarta yang membantu anda dalam proses pembelian mobil baru Toyota secara cash dan kredit. Kami melayani pembelian WAJIB menggunakan PLAT B dan kredit hanya untuk konsumen yang berdomisili diwilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya.